Jakarta (20/03) – Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Sakinah Aljufri mengapresiasi Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang perubahan dan penambahan biaya KIP Kuliah bagi mahasiswa pada tahun 2021.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pak Menteri atas perhatian lebih terhadap masukan komisi X DPR RI terkait dengan skema KIP Kuliah dengan menambah nominal beasiswa KIP Kuliah, berupa memberikan skala terhadap program studi yang terakreditasi B dan A untuk mendapatkan beasiswa lebih besar dari tahun- tahun sebelumnya. Juga apresiasi kami sampaikan perubahan besaran biaya hidup per mahasiswa, ”ungkap Sakinah saat rapat kerja dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (18/03/2021).

Sakinah menambahkan, saat ini masih terdapat mahasiswa yang belum leluasa memilih kampus untuk belajar karena keterbatasan dana.

“Di lapangan terdapat fakultas yang tidak mau menerima KIP Kuliah untuk prodi tertentu seperti prodi kesehatan, karena biaya untuk kuliah di prodi kesehatan mahal,“ tutur Sakinah.

Karena pada kenyataan KIP Kuliah adalah wujud dari bukti kehadiran Negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

“Fakta di lapangan banyak anak-anak cerdas akademik namun tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah karena terganjal dengan keterbatasan ekonomi orang orang tua. Bagi mahasiswa yang cerdas juga terkadang hanya mampu melanjutkan di kampus atau prodi yang sesuai dengan kemampuan finansial orang tua, padahal cita-citanya ingin menjadi dokter, insinyur dan lain-lain. Namun karena keterbatasn biaya ia hanya mampu masuk prodi yang sesuai dengan kantong orang tuanya, ”ungkap Sekretaris Jendral Wanita Islam Alkhairaat.

Sakinah pun menambahkan perlunya evaluasi berkala terhadap implementasi di lapangan pelaksanaan program KIP Kuliah tepat sasaran.

Evaluasi secara berkala dalam mengimplementasikan program KIP Kuliah agar tepat sasaran serta mampu mengakomodir seluruh mahasiswa yang masuk dalam kriteria penerima KIP Kuliah, “pungkas Sakinah.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *