Pangkalpinang (25/03) – Presiden PKS Ahmad Syaikhu berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu, (24/3). Dalam kesempatan itu, Syaikhu datang ke Tugu 0 Kilometer yang menjadi ikon baru Kota Pangkalpinang, Ibukota Babel.

Syaikhu kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh Walikota Pangkalpinang.

“Saya apresiasi kepada Walikota Pangkalpinang yang memiliki inovasi dan kreativitas menjadikan monumen 0 kilometer yang lebih representatif. Sebelumnya titik 0 kilometer hanya memperhitungkan dengan patok beton, alhamdulillah sekarang sudah lebih ikonik, ”ujar Syaikhu.

Di samping itu, koin yang dijadikan lambang di titik 0 kilometer adalah koin yang dibuat pada tahun 1820 M di Babel. Ini menunjukkan pada saat itu Babel sudah melakukan transaksi ekonomi.

“Kalau pada abad 19 saja, Bangka Belitung mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik, seharusnya ini bisa terus ditingkatkan sehingga menjadi lebih maju.”

Koin ini juga melambangkan persatuan di Babel. Satu sisi koin bertuliskan Arab, dan satu sisi lainnya bertuliskan Cina. Etnis, bagi warga Babel bukan menjadi masalah.

“Tong ngin fan ngin jit jong” yang artinya Cina dan Melayu, sama saja, ”kata Syaikhu pernyataan pernyataan Walikota Pangkal pinang.

Persatuan antar etnis membuat kondisi terjaga.

“Ini sangat kondusif untuk kemajuan perekonomian daerah,” ujar Syaikhu.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *